Selasa, 10 April 2012

Seminar Jaminan Kesehatan

Undangan Seminar Jaminan Kesehatan

Latar belakang

Sesungguhnya sebelum UU BPJS No 24/ 2011 disahkan. Beberapa daerah seperti Aceh, Solo (Surakarta) dan Belitung Timur, pemerintah daerahnya telah menerapkan jaminan kesehatan secara menyeluruh bagi seluruh penduduknya dengan berbagai skema sistem pembiayaan. 
Ahok Bupati Belitung Timur kala itu, melakukan tawar- menawar premi asuransi kesehatan sebesar 50% dengan PT Askes. Sedangkan sisa dana 50%, dipergunakan untuk memperbaiki dan membangun puskesmas dan menambah tunjangan dokter. Alhasil seluruh penduduk Belitung Timur terjamin kesehatannya, tanpa terkecuali.

Jokowi selaku walikota Solo juga menyediakan jaminan kesehatan untuk seluruh warga Solo yang dibiayai langsung melalui dana APBD. Jaminan Kesehatan yang diberikan pun bersifat menyeluruh, dalam arti seluruh penyakit dan seluruh penduduk, tanpa terkecuali.

“Banyak jalan menuju Roma”sistem pembiayaan jamkes yang dilakukan oleh Jokowi dan Ahok memang bukan seperti sistem pembiayaan yang dinyatakan dalam UU SJSN. 
Tapi yang pasti, Jokowi dan Ahok sudah memulai dan melaksanakan jaminan kesehatan menyeluruh bagi rakyatnya.

Demi mengawal dan mendesakkan agar Pemerintah serius dan komitmen untuk melaksanakan jaminan kesehatan menyeluruh bagi seluruh rakyat pada 1 Januari 2012, maka Komite Aksi Jaminan Sosial dengan ini mengundang kawan-kawan pegiat jaminan sosial sekalian dalam seminar dengan tema “Implementasi Jaminan Kesehatan Menyeluruh: Pelajaran dari Solo dan Belitung Timur”. 
 Untuk mendalami dan menyusun strategi advokasi implementasi jaminan kesehatan untuk 1 Januari 2014.

Seminar ini akan diselenggarakan pada:

Hari dan tanggal : Kamis, 12 April 2012
Waktu : Pukul 12.00 – 15.00 WIB (dibuka dengan makan siang)
Tempat : Gedung Yayasan Tenaga Kerja Indonesia (YTKI)
Jl. Gatot Subroto No. 44, Jakarta Pusat

Mari belajar dan berjuang bersama, demi terwujudnya jaminan kesehatan menyeluruh dan untuk seluruh rakyat Indonesia
Salam Juang!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes